Search your article

Kunci sukses bisnis online part 2 - membangun kekuatan pasar

akhirnya sampai juga pada pembahasan yang kedua...setelah dalam pembahasan yang pertama yang sudah saya terangkan sebelumnya...bahwa membangun bisnis online sangat diperlukan persiapan yang matang. untuk itu, saya mencoba untuk membahas tentang hal itu.

pertama saya ingin membahas tentang brand atau merek untuk produk anda. Pada tingkat paling dasar, pemberian merek (branding) erat kaitannya dengan pembedaan atau diferensiasi. Inilah cara perusahaan memaparkan pembedaan yang dimiliki kepada pelanggan yang potensial, cara menjelaskan kepada pasar.

dalam dunia internet, merek menjadi lebih penting. ini karena begitu Anda berada di medium yang bercirikan "muatan informasi", maka pembedaan adalah segalanya. saya tambahkan lagi, apabila di dunia nyata pasar anda mungkin didefinisikan dalam istilah geografi, di internet semua pesaing anda-bahkan pesaing di dunia nyata yang jaraknya ribuan mil-sekarang hanya beberapa klik mouse jaraknya dari situs anda

Bangun komunitas Anda


bagian ini yang lebih penting dalam berbisnis online. Pada awal munculnya e-commerce, penekanannya terletak pada meningkatkan sejumlah kunjungan ke situs unik. Lalu menjadi jelas bahwa terus menerus mencari langganan baru menjadi lebih mahal, dan mulai menggalakkan upaya membuat pelanggan melakukan kunjungan ulang ke situs anda.

tentu saja, banyak korban perusahaan dot.com papan atas (gak gue sebutu namanya ya... :D ) yang mengalami malapetaka karena terobsesi lebih pada kesadaran merek daripada kesetiaan merek.

salah satu cara paling efektif dalam internet yang dapat digunakan untuk membangkitkan kesetiaan ini adalah melalui komunitas Online. "Begitu Anda mendapatkan komunitas yang setia, ada banyak kesempatan untuk lintas penjualan, layanan personal, dan memenuhi beragam kebutuhan dari kelompok yang sama". Mendengarkan pelanggan dan membiarkan para pelanggan saling mendengarkan berarti bahwa tujuan-tujuan tersebut dapat dicapai lebih cepat.

bergabunglah Anda pada komunitas-komunitas jual beli online yang sudah ternama saat ini, coba anda pasarkan produk anda di situ biar anda dapat mereaih dan berinteraksi langsung dengan para pelanggan anda.

seperti contoh:
kaskus.us
forumponsel.com
chip.co.id

dan masih banyak lagi komunitas-komunitas online lainnya.

surat elektronik ruang chat, kelompok diskusi, buku tamu dan bulletin elektronik, semua ini digunakan oleh perusahaan yang ingin mengubah e-business mereka menjadi e-community yang menguntungkan.

merek online yang berhasil seperti amazon, ebay dll selalu menyadari bahwa para pengunjung dapat berhubungan satu sama lainnya. Ini tidak hanya mengnigkatkan kesetiaan mereka terhadap situs tetapi juga memungkinkan merek berkembang sejalan dengan pelanggan.

perlu di tekankan kembali, bahwa bisnis yang ingin berhasil secara online membutuhkan pasar. Definisikan pasar anda, ya tentu saja meskipun sepertinya ini menjadi prinsip paling pasti dari semua e-strategy, banyak perusahaan yang gagal mengidentifikasikan persyaratan spesifikasi dari pasar online yang menjadi target mereka.

bersambung.....

0 komentar:

Posting Komentar

detiknews

 
^ Scroll to Top